Rabu, 03 Februari 2010

Pertanggung jawaban

KELOMPOK:
CHIENDY FAJJARAINI R. J (05)
FERDIANTA WAHYU N P (09)
RANDI MUHAMAD P (21)
RIRIN INDAH PERMATASARI (23)
KELAS XI IIA 1

Penilaian seseorang terhadap suatu karya seni sangatlah beragam. Ada orang yang mengatakan suatu karya baik, ada juga orang yang menyatakan bahwa karya orang lain tidak baik. Dalam setiap penilaian, esensinya harus dapat menjadi suatu pembelajaran.Dengan adanya tanggapan orang-orang bahwa karya kita tidak baik ataupun tidak mendidik, kita haruslah dapat mengambil pelajaran yang anantinya dapat membuat karya-kaarya kita menjadi lebih baik.
Pada dasarnya suatu karya seni apapun bentuknya dan bagaimana pun akhirnya adalah hasil kerja keras yang butuh penghargaan dari setiap penikmat seni tersebut. Adanya penghargaan terhadap setiap karya seni sangatlah berarti bagi para produsen karya tersebut. Apa pun bentuk penghargaan tersebut. Baik itu berupa kritikan, saran, dan sebagainya. Apresiasi tersebutlah yang akan memperbaiki karya tersebut.
Ketika karya seni yang telah kita produksi mendapat suatu kritikan yang cukup pedas, tidak mendidik misalnya, maka kita harus menerima dengan lapang dada apa yang telah mereka pikirkan. Satu hal penting yang harus kita perhatikan adalah kita harus dapat menjadikan segala bentuk kritikan, saran, cercaan, pujian, dan sebagainya menjadi sebuah sarana yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dari kemarin.
Dalam suatu karya seni tidak akan selalu sempurna. Disamping memiliki keunggulan, suatu karya seni juga pasti memiliki suatu kekurangan baik dilihat dari segi estetika, nilai moral, nilai budaya dan sebagainya. Kita harus tetap semangat untuk menghasilkan karya-karya inovatif dan atraktif. Janganlah menjadi seorang yang rendah diri ketika kita di-judge orang lain sebagai orang yang tidak pandai dalam menghasilkan suatu karya yang mendidik.
Ingatlah…..!!!! bahwa di dunia ini hanya ada dua kata yang harus menjadi prinsip hidup kita, yakni “Proses Belajar Dan Kesuksesan”. Jadi jika seseorang yang menyatakan bahwa karya seni kita itu gagal, itu adalah salah. Karena kita tengah berada dalam suatu proses belajar yang akan membuiat kita menjadi yang lebih baik. Sebaliknya, bila karya kita mendapat pujian, maka kita tidak boleh menjadi besar kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

TANAH KAPOR | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates