Jumat, 09 Oktober 2009

HALAL BIHALAL SMA NEGERI 1 GAYAM



Saya berlayar dari pelabuhan kalianget dengan menumpang kapal menuju pulau Sapudi, tempat aku mengabdikan ilmu yang ku punya ke anak negeri Gayam. Aku mengajak keluargaku untuk menikmati suasana berlayar dan melihat suasana di pulau Sapudi. Tepat pukul 2 siang kapal yang aku tumpangi merapat di dermaga pelabuhan Tarebung, yang nantinya masih aku tempuh sekitar setengah jam melewati jalan darat yang penuh lubang dan bebatuan menuju tempat kost. Dengan membawa tas besar dan mengendarai sepeda motor Mega Pro, Rico anakku duduk di depan dan bundanya sambil memegang tas koper menikmati suasana pantai di sisi jalan sepanjang perjalanan.

Panas menyengat, debu bertaburan dan asap knalpot kendaraan mengurai perjuanganku untuk memberikan yang terbaik yang aku miliki. Usapan angin dari bibir pantai sepanjang perjalanan mengisi paru-paru ini dengan seribu harapan agar nanti mampu berkreativitas. Semoga.

Hari senin upacara bendera memulai aktivitas kegiatan belajar mengajar di SMA Gayam. Dengan inspektur upacara yang seharusnya dilakukan oleh Kepala Sekolah, kali ini bapk Daud mengantikan kepala sekolah yang lagi sibuk membereskan barang-barang bawaan untuk dibawa pulang kedaratan. Beberapa guru terkaget-kaget karena memnang benar-benar waktu itu ingin ketemu kepala sekolah untuk mengadakan rapat terakhir. Namun kesempatan kali ini tidak dimanfaatkan oleh kepala sekolah dan segenap guru dan karyawan SMA Negeri 1 Gayam untuk melakukan rapat terakhir karena ada berita tidak resmi bahwa Kepala Sekolah SMA Gayam akan mutasi ke luar kepulauan. Luapan kegembiraan dan keharuan tidak begitu nampak, yang nampak hanyalah guyonan untuk mempercepat waktu untuk bel menyelesaikan pelajaran.

Bel berbunyi, karapan sapi menunggu dilapangan sebelah timur SMP Negeri 1 Gayam, dan seluruh masyarakat berkumpul untuk melihat lomba tradisional tersebut.
Sapi-sapi berlarian.
Debu-debu berloncatan
Pecut saling berlompatan
Dan golok terselip dipinggang para juragan

Di rumah bapak Saud, rabu siang dilaksanakan acara halal bihalal keluarga besar SMA Negeri 1 Gayam. Dihadiri sebagian besar segenap guru dan karyawan dengan suguhan soto menghangatkan suasana halal bihalal. Pada guyonan tersebut banyak mempertanyakan maksud apakah gerangan diadakan acara halal bihalal tersbut, entahlah...yang penting kita patut bersyukur dalam keadahan sehat walafiat kita bisa berkumpul bersama mempererat hubungan tali silaturahmi agar tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terlaksana dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

TANAH KAPOR | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates