Jumat, 02 Oktober 2009

H+5 REUNI ALUMNI KATES 01-09




Sebulan berpuasa dan datanglah cahaya hari raya Idul Fitri 1430 H, dan mudik (pulang kedaerahnya masing-masing) sudah menjadi budaya masyarakat di Indonesia lebih khususnya di Sumenep. Sebelum menjelang hari raya Idul Fitri umumnya seluruh mahasiswa dan orang kantoran (pekerja) yang berasal dari Sumenep melakukan acara mudik untuk persiapan silahturahmi baik untuk orang tua dan segenap kerabat dan handai taulan. Ivent semacam ini dimanfaatkan oleh ekskul teater untuk mengadakan acara silahturahmi atau temu kangen dengan para alumni kates yang pernah singgah di rumah Komunitas Teater Smansa, dan mungkin sudah bisa dikatakan sebagai tradisi dari ekskul Kates. Dari tahun ketahun sudah dilaksanakan dan pada kali ini temu kangen dan sekaligus memperingati ulang tahun yang ke – 9 ekskul Kates dilaksanakan pada hari Jumat tepatnya H+5.

Persiapan dilaksanakan sekitar 1 minggu sebelum lebaran, dan selaku ketua panitia Bella Rosailly HP, yang dibantu oleh para alumnus Kates, ada Andy, Ika, Bang Yuli, Vita dan banyak lagi yang lain. Kerja kekeluargaan sudah menjadi kebiasaan di Kates, semuanya saling bekerja dan menyumbangkan tenaganya secara sukarela. Hal yang demikian memang sudah ditanamkan oleh pembina kates dari mereka menjadi anggota atau keluarga kates. Dengan menanamkan salling bekerjasama, saling curhat, saling menjenguk bila salah satu keluarganya sakit dan banyak kegiatan kemanusiaan yang sering menjadi agenda kegiatan di komunitas teater smansa. Semuanya sudah menjadi satu bagian yang terpenting dan mampu saling melayani di dalam kegiatan di sanggar kates. Sehingga sudah terbentuk rasa kekeluargaan diantara anggota ekskul kates. Sanggar sudah dijadikan rumah ke dua bagi para anggota sanggar dan inipun sangat terasa saat pelaksanaan reuni kali ini.

Dua hari sebelum pelaksanaan reuni, dilaksanakan pertemuan di rumah pembina dan semua persiapan sudah direncanakan dengan baik. Dengan menghabiskan kerupuk di rujak bareng, pertemuan terasa hangat dan pedes. Saat pulang dari rumah pembina kates, dua panitia (Bella dan Dete) terjatuh tepat di bujuk Gumok sebelah timur lapangan terbang Trunojoyo, Bella selaku ketua panitia cedera ringan sedangkan Dete tangan kanannya lecet-lecet serta bibirnya sedikit monyong karena mencium aspal. Namun walaupun sedikit cedera persiapan sebelum hari H gtetap terlaksana dengan lancar. Beberapa panitia yang lain nampak, Andy, Supyan, kudus, Ipung, Firman, shinta Ndut, Intan tompel dan bebek sibuk mempersiapkan panggung serta konsumsi. Kehangatan persiapan juga nampak saat malam hari di rumah pembina kates, sambil mengerjakan dekor dilanjutkan dengan maen kartu sambil menjalani tantangan makan kerupuk dan menghabiskan bergelas-gelas air jeruk rasa cuka dan vetsin.

Malam diterangi bintang-bintang dilangit dan cahaya lilin dilantai lapangan volly smansa serta cahaya lampu di pangung tempat parkir sebelah utara menjadi hangat dengan kedatangan para alumni kates. Hampir 75 persen dari angkatan pertama tahun 2000-2001 sampai angkatan kesembilan 2009-2010 memenuhi lembaran-lembaran tikar yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Acara dimulai pukul 20.00 molor satu jam dari undangan yang disepakati, dan acara sambutan dari wakil masing-masing angkatan bergiliran saling mengharapkan agar kates tetap eksis dan semakin maju. Hampir semuanya menginginkan kates menjadi keluarga yang kompak, solid dan semakin kreatif. Acara temu kangen dan ulang tahun kates juga dihangatkan oleh tampilnya Agus suharjoko (refleksi kates dan kenangannya), Ahmad Fauzi (baca puisi kau dan anjing), Ibnu Hajar (baca puisi anatara mekkah, Surabaya dan Natal) dan ditutup dengan pemotongan kue Ulang Tahun Kates yang dipotong dan dibagikan oleh pembina kepada masing-masing wakil dari angkatan pertama sampai terakhir.

Akhirnya selamat Ulang Tahun Kates dan addoel-addoelku, moga kates tetap menjadi keluarga yang baik dan hangat dan penuh kreatif. Dan jangan lupa kita punya komitmen membuat buku Kates dan selalu berkomunikasi lewat blog serta face book.
(agus suharjoko)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

TANAH KAPOR | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates