Jumat, 23 April 2010

SKENARIO FILM PENDEK KELAS X-6

Judul : BENING-BENING CINTA


Sequence 1 : Ruang Kelas

Int. Pagi

Scene 1 : (LS-LA) Guru sedang mengadakan ulangan di kelas Udin

Take 1 : (KS) Guru berdiri di depan kelas

Take 2 : (MCU) Guru : “Baiklah anak-anak, hari ini kita ulangan!

Take 3 : (LS) Para siswa, narasi guru : “Saya harap tidak ada yang mencontek!

Jika saya mengetahui hal itu, maka saya tidak segan-segan memberi

nilai nol pada kalian!”.

Take 4 : (CU) Guru : Paham?” (wajah garang)

Scene 2 : (LS)Udin datang terlambat masuk ke dalam kelas

Take 1 : (MCU) Udin berdiri di luar kelas mengetok pintu

Take 2 : (CU) Udin : “Assalamu’alaikum pak! Maaf saya telat...”. (sedih)

Take 3 : (IF) Udin berjalan menghampiri guru

Take 4 : (KS) Udin menjulurkan tangannya (menyalami guru)

Scene 3 : (CU) Guru menegur Udin karena sering terlambat

Take 1 : (MCU) Guru : “Kamu selalu saja terlambat! Apa kamu tidak mau ikut

ulangan saya? lihat! Sekarang sudah jam berapa?” bentak guru

Take 2 : (PAN) Semua siswa memperhatikan

Take 3 : (CU) Udin menundukkan wajah, : “Sa...saya minta maaf pak! Saya

janji tidak akan mengulanginya lagi! Saya minta maaf pak!”(dengan

wajah bersalah)

Take 4 : (CU) Guru : “Ya sudah, kamu duduk! Ikut ulangan! Ingat, jangan di

ulangi lagi!”

Take 5 : (CU) Udin mengangguk : “Baik pak!”

Scene 4 : (FO) Udin berjalan ke bangkunya

Take 1 : (MCU-HA) teman Udin (Satrawi) membisiki Udin : “Ssst... Din! Bakna

khan penter, sengak ja’ kaloppae!”

Take 2 : (KS) Udin tersenyum dan mengangguk

Scene 5 : (MCU) Udin duduk di bangkunya

Take 1 : (LS) Udin menaruh tas dan langsung duduk

Take 2 : (LS) Udin membuka tas lalu mengambil alat tulis dari dalam tas

Scene 6 : (LS) Guru membagikan soal kepada siswa (wajah garang)

Scene 7 : (LS-HA) Ulangan di mulai, siswa ke bingungan

Take 1 : (KS) Guru berdiri di depan kelas (pengawasan ketat)

Take 2 : (PAN) Wajah siswa kebingungan

Take 3 : (LS) Udin mengerjakannya dengan santai (mudah)

Fade Out

Sequence 2 : Ruang Kelas

Int. Pagi

Scene 1 : (LS) Seperti biasanya, udin mulai mengantuk

Take 1 : (CU) Udin menguap

Take 2 : (LS) Udin tidur di mejanya (duduk)

Scene 2 : (LS) Sherly melihat Udin tertidur

Take 1 : (IF) Sherly segera menghampiri Udin

Take 2 : (CU-LA) Sherly menyapa Udin : “Udin! Kamu kok tidur sih? Emang

semalem kamu nggak tidur apa?

Take 3 : (LS) Sherly menepuk bahu Udin : “Sebentar lagi pelajaran akan di

mulai...”

Scene 3 : (MCU) Udin tidak menghiraukannya

Take 1 : (CU) sherly menghela nafas panjang

Take 2 : (FO) Sherly kembali ke bangkunya

Sequence 3 : Ruang Kelas

Int. Siang

Scene 1 : (LS-IF) Seorang siswa menempel nilai ujian

Take 1 : (KS) Salah satu siswa menempelkan kertas hasil ulangan di papan

pengumuman kelas

Take 2 : (IF) Siswa berkerumunan melihat hasil ujian

Take 3 : (LS) wajah siswa penasaran

Scene 2 : (LS) Udin mendapat nilai bagus, sehingga membuat teman-temannya

kagum, terutama Sherly

Take 1 : (LS) Teman-teman Udin membicarakan Udin (kagum)

Take 2 : (CU) Sherly tersenyum pada udin

Sequence 3 : Halaman kelas X-6

Ext. Siang

Scene 1 : Narasi : Bel berbunyi

Scene 2 : (LS-FO) Seluruh siswa berhamburan dari kelasnya masing-masing

Take 1 : (HA-CU) Derap langkah kaki siswa

Take 2 : (FO) Siswa berhamburan keluar kelas

Scene 3 : (LS) Suasana sekolah sudah sepi

Take 1 : (IF) Udin keluar dari kelasnya

Take 2 : (FO) Udin berjalan meninggalkan kelasnya

Sequence 4 : Halaman kelas X-2

Ext. Siang

Scene 1 : (LS) Teman-teman udin nongkrong di depan kelas X-2.

Take 1 : (MCU) Teman-teman Udin memperhatikan Udin

Take 2 : (CU) Romzi : “Hey, kalian ngerasa ada yang aneh nggak sama si

Udin?”(curiga)

Take 3 : (Group Shot) Matrawi : “Byah arapa si Udin? La tak pajat cararowa

udin!”.

Take 4 : (CU) Wati : “coba pikir! Setiap pulang sekolah, udin selalu pulang

belakangan! Kita harus cari tau...!!”

Take 5 : (MCU) Sherly : “ssst... kita nggak boleh berpikiran seperti itu! Itu

namanya Su’udzon sama orang lain..”

Take 6 : (CU) Mail : “iya, teppak cakna Sherly wah! Ambu , tak usah mekerre

reng laen, pekkerre aba’na dhibik!. Mole bhai yuk !”

Take 7 : (Group Shot) Semua mengangguk (sepakat)

Sequence 4 : Depan Kelas

Ext. Siang

Scene 1 : (LS) Pada jam istirahat Udin sedang duduk di taman kelas sambil

membaca buku

Scene 2 : (IF) Sherly yang melihat Udin sedang duduk sendiri langsung

menghapiri udin

Take 1 : (CU) Sherly tersenyum

Take 2 : (MCU) Memandangi Udin (mata Sherly sebagai kamera)

Take 3 : (Two S) Sherly duduk di sebelah udin : “Serius banget nih

belajarnya?” (menggoda)

Take 4 : (MCU) Udin kaget spontan menutup bukunya :“Ah..Eh.. Iya! Aduh,

bakna matakerjhadan sengkok, sher!” (gelagapan)

Take 5 : (CU) Sherly : “Ngomong-ngomong rumah kamu dimana din? Kapan-

kapan ku mampir ya!”

Take 6 : (CU) Udin ke bingungan : “Ella sher! Sengkok daggi egigiri reng

towa...!”

Take 7 : (CU) Shely : “Memangnya kenapa? Kan kita Cuma belajar bareng

Din?”

Scene 3 : (LS-IF) Romzi, Ana, Mail, Wahyu dan Aldi menghampiri Sherly dan

Udin untuk mengajak jalan-jalan

Take 1 : (LS) Semua : “Wooii...!!”

Take 2 : (LS-HA) Udin dan sherly kaget. Sherly : “Aduh, kalian ngapain sich!

Bikin kaget orang aja!”(kesal)

Take 3 : (LS) Teman-teman Udin tertawa

Take 4 : (CU) Aldi : “Eh, Lagguna khan libur, Beremma mon kita lan jalanan

yuk?”

Take 5 : (CU) Ana : “Iya, bener juga! Kalian semua pasti bisa kan?”

Take 6 : (LS) Romzi, mail, wahyu : “bisa..bisa,,”(serempak)

Take 7 : (CU) Sherly : “ya jelas donk! Oh iya, Udin, kamu juga ikut kan?”

(berharap)

Take 8 : (MCU) udin terdiam sesaat

Take 9 : (CU) Udin : “Maaf teman-teman! Sengkok tak bisa noro’. Soallah

sengkok takok egigiri reng towa...”.

Take 10 : (CU) Aldi : “Ya dhinalahlah tak parapa!”

Take 11 : (CU) Sherly kecewa

Sequence 5 : Taman Bunga

Ext.pagi

Scene 1 : (PAN) Sherly dan teman-temannya sedang nongkrong di taman

bunga

Take 1 : (TU) Mereka sedang duduk-duduk

Take 2 : (LS) Mereka bercanda ria bersama

Scene 2 : (MLS) Dari jauh nampak Udin sedang mengais-ngais sampah dengan

seorang temannya

Take 1 : (KS) Udin mengais sampah

Take 2 : (LS) Temannya juga sibuk mengais sampah

Scene 3 : (LS) Sherly merasa sangat kaget melihat Udin, dia tidak menyangka

bahwa Udin adalah seorang pemulung

Take 1 : Sherly kaget : “Udin? Itu Udin kan?”

Scene 4 : (Group S) Teman-temannya yang lain juga ikut kaget

Take 1 : (MCU) Romzi menggeleng-gelengkan kepala

Take 2 : (CU) Ana : “ya ampun, Udin!”

Scene 5 : (LS) Sherly berniat menghampiri Udin, namun teman-temannya

mencegahnya

Take 1 : (KS) Sherly berdiri : “Aku harus nyamperin dia!”

Take 2 : (LS) Teman-teman : “Jangan Sher!”

Take 3 : (CU) Sherly : “memangnya kenapa?”

Take 4 : (CU) Ana : “udah, jangan dulu! Biar kita cari tau yang sebenarnya,

tapi tanpa sepengetahuan Udin!”

Take 5 : (CU) Sherly : “bener juga sih! Ok dah kalo gitu!”

Scene 6 : (Group S - HA) Mereka semua menyusun rencana

Take 1 : (MCU) Mereka nampak serius

Take 2 : (LS) Tapi suara mereka sangat kecil agar tidak ada orang yang

mendengarnya

Sequence 6 : Penimbangan

Ext. Pagi

Scene 1 : (LS-IF) Udin berjalan masuk ke areal penimbangan membawa

gerobak bersama temannya.

Take 1 : (LS) Udin menurunkan barang-barang bersama temannya

Take 2 : (MCU) Udin menimbang barang

Take 3 : (CU) Udin menerima uang hasil timbangan

Take 4 : (FO) Udin membawa tasnya ke dalam tempat timbangan

Scene 2 : (FI) Udin memakai baju seragam dan membawa tasnya.

Take 1 : (LS-OF) Udin mendorong gerobaknya bersama temannya.

Sequence 7 : Toilet sekolah

Ext. Siang

Scene 1 : (LS-HA) Anak-anak berhamburan keluar kelas meninggalkan sekolah.

Take 1 : (IF-OF) Udin keluar dari dalam kelas

Scene 2 : (FO) Udin bejalan menuju toilet sekolah

Take 1 : (IF-LA) udin berjalan ke toilet sekolah

Take 2 : (MLS) Udin membuka pintu toilet

Take 3 : (LS) Udin masuk ke dalamnya

Take 4 : (LS) Udin menutup pintu toilet

Scene 3 : (LS-HA) Beberapa menit kemudian udin keluar sudah memakai baju

kumal layaknya pemulung.

Scene 4 : (OF) Udin pergi meninggalkan areal toilet

Sequence 8 : Pasar

ext. Siang

scene 1 : (TU) Suasana pasar

Take 1 : (LS) Udin bertemu temannya di tugu pasar.

Take 2 : (FO) Udin berjalan mendekati gundukan sampah (memakai tas

karung)

Take 3 : (KS) Udin melakukan aktivitas mengais-ngais sampah

Take 4 : (MCU) Udin memasukkan sampah yang suadah di pilih ke dalam tas

karungnya

Scene 2 : (CU) Udin pada temannya : “Ayo mole, bannyak reya lah”.

Take 1 : (CU) Temannya (Mamat) : “Mak kaburu din?!!”.

Take 2 : (CU) Udin : “Iya cokoplah”.

Scane 3 : (LS) Udin menggendong tas karungnya

Take 1 : (FI-OF) Udin berjalan meninggalkan pasar

Sequence 9 : Rumah Udin

ext. Sore

Scene 1 : (LS-HA) Udin berjalan menuju rumahnya

Take 1 : (IF) Udin berjalan sambil menggendong tas karungnya

Take 2 : (CU) Udin kaget dan diam sejenak

Take 3 : (FO) Udin berjalan ke arah rumah

Take 4 : udin kaget melihat teman-temannya spontan menghentikan

Langkahnya.

Take 5 : (LS) Teman-teman Udin berada di teras rumah

Take 6 : (IF) Teman-teman : “ Tuh Udin datang”.

Take 7 : (MCU) Udin : “Teman-teman? Arapa’a bakna de’enja? Dari dimma

bakna tao bengkona sengkok???”

Scene 2 : (MCU) Ibu Udin memanggil-manggil Udin : “Din...Din... yak dha’enja

cong!!!”.

Take 1 : (IF) Udin melangkah mendekati emaknya yang berbaring dan

didekatnya ada Sherly

Take 2 : (CU) Udin : “Nggih mak, kaula pon dateng, nekak obatnya, dha’ar

nggih mak”.

Take 3 : (CU) Emmak : “Bakna bannyak kancana wa cong”.

Take 4 : (CU) Udin : “ Nggih mak”.

Take 5 : (MCU) Emmak : “ Areya sapa cong, mak cek raddinna”.

Take 6 : (CU) Sherly tersenyum

Take 7 : (CU) Udin melirik sherly

Take 8 : (CU) Essaklah temoe gellu cakancana sak

Take 9 : (CU) Udin mengangguk

Scene 3 : (LS-OF) Udin dan Sherly gabung dengan teman-temannya

Take 1 : (MCU) Sherly : “kami sudah tau semuanya!

Take 2 : (CU) Udin menunduk, narasi Sherly : “Sekarang giliran kamu,

menjelaskan kepada kami mengapa selama ini kamu merahasiakan

siapa kamu sebenarnya!,”

Take 3 : (CU) Sherly : “Kenapa si Din???”.

Scene 4 : (CU) Udin menghela nafas panjang, sambil memandangi teman-

temannya

Take 1 : (CU) Udin : “Aku akan ceritakan semuanya! Memang benar, aku

adalah seorang pemulung! Aku lakukan semua itu karena ibuku

sedang sakit, dan aku tidak punya biaya untuk ibu berobat! dan untuk

biaya sekolahku”

Take 2 : (LS) Teman-temannya menatap Udin

Take 3 : (CU) Udin dengan meneteskan air mata: “Maafkan aku yang selama

ini telah membohongi kalian semua!”

Scene 5 : (LS) Teman-teman udin terharu

Take 1 : (CU) Ana : “kami mengerti dengan keadaan kamu!”

Take 2 : (CU) Sherly : “mulai sekarang kamu harus terbuka kepada kami

semua! Mau kan?”

Take 3 : (CU) Wahyu : “terbuka kepada kami??!! Apa kepada sherly ya???!”

Take 4 : (LS) Semuanya tertawa

Sequence 12 : Sekolah

int. Pagi

Scene 1 : (LS) Sherly berjalan kedepan kelas

Take 1 : (KS) Sherly : “Teman-teman! Aku minta perhatiannya! Selama ini

ternyata teman kita ada yang kesusahan, dan kita tidak

mengetahuinya! Teman kita itu adalah udin.

Take 2 : (PAN) suasana kelas, narasi sherly : “Ibunya sedang sakit keras dan

udin tidak mempunyai biaya untuk berobat ibunya!”

Take 3 : (MCU) Sherly : “Mari kita bantu udin dengan mengumpulkan uang

untuk berobat ibu udin seikhlasnya!”

scene 2 : (LS) Teman-temannya sepakat, mereka mengangguk

scene 3 : (kamera mengikuti Wahyu) berjalan meminta sumbangan dari

teman-temannya

scene 4 : (MCU) Uang hasil sumbangan ditaruk diatas meja guru

Take 1 : (MCU) Sherly menata uang yang di dapat

Scene 5 : (IF) Udin baru datang dan masuk kelas namun langkahnya terhenti

Take 1 : (PAN) Mata anak-anak melihat kedatangan Udin

Take 2 : (CU) Sherly : “Din, sini din”.

Take 3 : (LS) Udin mendekati Sherly

Take 4 : (Two S) Sherly memberikan uang itu kepada udin

Take 5 : (CU) Udin : “Apa reya?”.

Take 6 : (CU) Sherly : “ini dana yang terkumpul, untuk biaya pengobatan ibu

kamu! Semoga ibu kamu lekas sembuh! Cuma ini yang bisa kami

bantu, aku harap kamu mau menerimanya!”

Take 7 : (BCU) Sherly menyodorkan uang itu kepada udin

Take 8 : (PAN) udin menatap wajah teman-temannya

Take 9 : (MCU) Udin menerima uang itu

Take 10 : (LS-HA) Semuanya tersenyum

Take 11 : (CU) Udin tersenyum bahagia bercampur haru

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

TANAH KAPOR | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates