Judul : BENING-BENING CINTA
Sequence 1 : Ruang Kelas
Int. Pagi
Scene 1 : (LS-LA) Guru sedang mengadakan ulangan di kelas Udin
Take 1 : (KS) Guru berdiri di depan kelas
Take 2 : (MCU) Guru : “Baiklah anak-anak, hari ini kita ulangan!
Take 3 : (LS) Para siswa, narasi guru : “Saya harap tidak ada yang mencontek!
Jika saya mengetahui hal itu, maka saya tidak segan-segan memberi
nilai nol pada kalian!”.
Take 4 : (CU) Guru : Paham?” (wajah garang)
Scene 2 : (LS)Udin datang terlambat masuk ke dalam kelas
Take 1 : (MCU) Udin berdiri di luar kelas mengetok pintu
Take 2 : (CU) Udin : “Assalamu’alaikum pak! Maaf saya telat...”. (sedih)
Take 3 : (IF) Udin berjalan menghampiri guru
Take 4 : (KS) Udin menjulurkan tangannya (menyalami guru)
Scene 3 : (CU) Guru menegur Udin karena sering terlambat
Take 1 : (MCU) Guru : “Kamu selalu saja terlambat! Apa kamu tidak mau ikut
ulangan saya? lihat! Sekarang sudah jam berapa?” bentak guru
Take 2 : (PAN) Semua siswa memperhatikan
Take 3 : (CU) Udin menundukkan wajah, : “Sa...saya minta maaf pak! Saya
janji tidak akan mengulanginya lagi! Saya minta maaf pak!”(dengan
wajah bersalah)
Take 4 : (CU) Guru : “Ya sudah, kamu duduk! Ikut ulangan! Ingat, jangan di
ulangi lagi!”
Take 5 : (CU) Udin mengangguk : “Baik pak!”
Scene 4 : (FO) Udin berjalan ke bangkunya
Take 1 : (MCU-HA) teman Udin (Satrawi) membisiki Udin : “Ssst... Din! Bakna
khan penter, sengak ja’ kaloppae!”
Take 2 : (KS) Udin tersenyum dan mengangguk
Scene 5 : (MCU) Udin duduk di bangkunya
Take 1 : (LS) Udin menaruh tas dan langsung duduk
Take 2 : (LS) Udin membuka tas lalu mengambil alat tulis dari dalam tas
Scene 6 : (LS) Guru membagikan soal kepada siswa (wajah garang)
Scene 7 : (LS-HA) Ulangan di mulai, siswa ke bingungan
Take 1 : (KS) Guru berdiri di depan kelas (pengawasan ketat)
Take 2 : (PAN) Wajah siswa kebingungan
Take 3 : (LS) Udin mengerjakannya dengan santai (mudah)
Fade Out
Sequence 2 : Ruang Kelas
Int. Pagi
Scene 1 : (LS) Seperti biasanya, udin mulai mengantuk
Take 1 : (CU) Udin menguap
Take 2 : (LS) Udin tidur di mejanya (duduk)
Scene 2 : (LS) Sherly melihat Udin tertidur
Take 1 : (IF) Sherly segera menghampiri Udin
Take 2 : (CU-LA) Sherly menyapa Udin : “Udin! Kamu kok tidur sih? Emang
semalem kamu nggak tidur apa?
Take 3 : (LS) Sherly menepuk bahu Udin : “Sebentar lagi pelajaran akan di
mulai...”
Scene 3 : (MCU) Udin tidak menghiraukannya
Take 1 : (CU) sherly menghela nafas panjang
Take 2 : (FO) Sherly kembali ke bangkunya
Sequence 3 : Ruang Kelas
Int. Siang
Scene 1 : (LS-IF) Seorang siswa menempel nilai ujian
Take 1 : (KS) Salah satu siswa menempelkan kertas hasil ulangan di papan
pengumuman kelas
Take 2 : (IF) Siswa berkerumunan melihat hasil ujian
Take 3 : (LS) wajah siswa penasaran
Scene 2 : (LS) Udin mendapat nilai bagus, sehingga membuat teman-temannya
kagum, terutama Sherly
Take 1 : (LS) Teman-teman Udin membicarakan Udin (kagum)
Take 2 : (CU) Sherly tersenyum pada udin
Sequence 3 : Halaman kelas X-6
Ext. Siang
Scene 1 : Narasi : Bel berbunyi
Scene 2 : (LS-FO) Seluruh siswa berhamburan dari kelasnya masing-masing
Take 1 : (HA-CU) Derap langkah kaki siswa
Take 2 : (FO) Siswa berhamburan keluar kelas
Scene 3 : (LS) Suasana sekolah sudah sepi
Take 1 : (IF) Udin keluar dari kelasnya
Take 2 : (FO) Udin berjalan meninggalkan kelasnya
Sequence 4 : Halaman kelas X-2
Ext. Siang
Scene 1 : (LS) Teman-teman udin nongkrong di depan kelas X-2.
Take 1 : (MCU) Teman-teman Udin memperhatikan Udin
Take 2 : (CU) Romzi : “Hey, kalian ngerasa ada yang aneh nggak sama si
Udin?”(curiga)
Take 3 : (Group Shot) Matrawi : “Byah arapa si Udin? La tak pajat cararowa
udin!”.
Take 4 : (CU) Wati : “coba pikir! Setiap pulang sekolah, udin selalu pulang
belakangan! Kita harus cari tau...!!”
Take 5 : (MCU) Sherly : “ssst... kita nggak boleh berpikiran seperti itu! Itu
namanya Su’udzon sama orang lain..”
Take 6 : (CU) Mail : “iya, teppak cakna Sherly wah! Ambu , tak usah mekerre
reng laen, pekkerre aba’na dhibik!. Mole bhai yuk !”
Take 7 : (Group Shot) Semua mengangguk (sepakat)
Sequence 4 : Depan Kelas
Ext. Siang
Scene 1 : (LS) Pada jam istirahat Udin sedang duduk di taman kelas sambil
membaca buku
Scene 2 : (IF) Sherly yang melihat Udin sedang duduk sendiri langsung
menghapiri udin
Take 1 : (CU) Sherly tersenyum
Take 2 : (MCU) Memandangi Udin (mata Sherly sebagai kamera)
Take 3 : (Two S) Sherly duduk di sebelah udin : “Serius banget nih
belajarnya?” (menggoda)
Take 4 : (MCU) Udin kaget spontan menutup bukunya :“Ah..Eh.. Iya! Aduh,
bakna matakerjhadan sengkok, sher!” (gelagapan)
Take 5 : (CU) Sherly : “Ngomong-ngomong rumah kamu dimana din? Kapan-
kapan ku mampir ya!”
Take 6 : (CU) Udin ke bingungan : “Ella sher! Sengkok daggi egigiri reng
towa...!”
Take 7 : (CU) Shely : “Memangnya kenapa? Kan kita Cuma belajar bareng
Din?”
Scene 3 : (LS-IF) Romzi, Ana, Mail, Wahyu dan Aldi menghampiri Sherly dan
Udin untuk mengajak jalan-jalan
Take 1 : (LS) Semua : “Wooii...!!”
Take 2 : (LS-HA) Udin dan sherly kaget. Sherly : “Aduh, kalian ngapain sich!
Bikin kaget orang aja!”(kesal)
Take 3 : (LS) Teman-teman Udin tertawa
Take 4 : (CU) Aldi : “Eh, Lagguna khan libur, Beremma mon kita lan jalanan
yuk?”
Take 5 : (CU) Ana : “Iya, bener juga! Kalian semua pasti bisa kan?”
Take 6 : (LS) Romzi, mail, wahyu : “bisa..bisa,,”(serempak)
Take 7 : (CU) Sherly : “ya jelas donk! Oh iya, Udin, kamu juga ikut kan?”
(berharap)
Take 8 : (MCU) udin terdiam sesaat
Take 9 : (CU) Udin : “Maaf teman-teman! Sengkok tak bisa noro’. Soallah
sengkok takok egigiri reng towa...”.
Take 10 : (CU) Aldi : “Ya dhinalahlah tak parapa!”
Take 11 : (CU) Sherly kecewa
Sequence 5 : Taman Bunga
Ext.pagi
Scene 1 : (PAN) Sherly dan teman-temannya sedang nongkrong di taman
bunga
Take 1 : (TU) Mereka sedang duduk-duduk
Take 2 : (LS) Mereka bercanda ria bersama
Scene 2 : (MLS) Dari jauh nampak Udin sedang mengais-ngais sampah dengan
seorang temannya
Take 1 : (KS) Udin mengais sampah
Take 2 : (LS) Temannya juga sibuk mengais sampah
Scene 3 : (LS) Sherly merasa sangat kaget melihat Udin, dia tidak menyangka
bahwa Udin adalah seorang pemulung
Take 1 : Sherly kaget : “Udin? Itu Udin kan?”
Scene 4 : (Group S) Teman-temannya yang lain juga ikut kaget
Take 1 : (MCU) Romzi menggeleng-gelengkan kepala
Take 2 : (CU) Ana : “ya ampun, Udin!”
Scene 5 : (LS) Sherly berniat menghampiri Udin, namun teman-temannya
mencegahnya
Take 1 : (KS) Sherly berdiri : “Aku harus nyamperin dia!”
Take 2 : (LS) Teman-teman : “Jangan Sher!”
Take 3 : (CU) Sherly : “memangnya kenapa?”
Take 4 : (CU) Ana : “udah, jangan dulu! Biar kita cari tau yang sebenarnya,
tapi tanpa sepengetahuan Udin!”
Take 5 : (CU) Sherly : “bener juga sih! Ok dah kalo gitu!”
Scene 6 : (Group S - HA) Mereka semua menyusun rencana
Take 1 : (MCU) Mereka nampak serius
Take 2 : (LS) Tapi suara mereka sangat kecil agar tidak ada orang yang
mendengarnya
Sequence 6 : Penimbangan
Ext. Pagi
Scene 1 : (LS-IF) Udin berjalan masuk ke areal penimbangan membawa
gerobak bersama temannya.
Take 1 : (LS) Udin menurunkan barang-barang bersama temannya
Take 2 : (MCU) Udin menimbang barang
Take 3 : (CU) Udin menerima uang hasil timbangan
Take 4 : (FO) Udin membawa tasnya ke dalam tempat timbangan
Scene 2 : (FI) Udin memakai baju seragam dan membawa tasnya.
Take 1 : (LS-OF) Udin mendorong gerobaknya bersama temannya.
Sequence 7 : Toilet sekolah
Ext. Siang
Scene 1 : (LS-HA) Anak-anak berhamburan keluar kelas meninggalkan sekolah.
Take 1 : (IF-OF) Udin keluar dari dalam kelas
Scene 2 : (FO) Udin bejalan menuju toilet sekolah
Take 1 : (IF-LA) udin berjalan ke toilet sekolah
Take 2 : (MLS) Udin membuka pintu toilet
Take 3 : (LS) Udin masuk ke dalamnya
Take 4 : (LS) Udin menutup pintu toilet
Scene 3 : (LS-HA) Beberapa menit kemudian udin keluar sudah memakai baju
kumal layaknya pemulung.
Scene 4 : (OF) Udin pergi meninggalkan areal toilet
Sequence 8 : Pasar
ext. Siang
scene 1 : (TU) Suasana pasar
Take 1 : (LS) Udin bertemu temannya di tugu pasar.
Take 2 : (FO) Udin berjalan mendekati gundukan sampah (memakai tas
karung)
Take 3 : (KS) Udin melakukan aktivitas mengais-ngais sampah
Take 4 : (MCU) Udin memasukkan sampah yang suadah di pilih ke dalam tas
karungnya
Scene 2 : (CU) Udin pada temannya : “Ayo mole, bannyak reya lah”.
Take 1 : (CU) Temannya (Mamat) : “Mak kaburu din?!!”.
Take 2 : (CU) Udin : “Iya cokoplah”.
Scane 3 : (LS) Udin menggendong tas karungnya
Take 1 : (FI-OF) Udin berjalan meninggalkan pasar
Sequence 9 : Rumah Udin
ext. Sore
Scene 1 : (LS-HA) Udin berjalan menuju rumahnya
Take 1 : (IF) Udin berjalan sambil menggendong tas karungnya
Take 2 : (CU) Udin kaget dan diam sejenak
Take 3 : (FO) Udin berjalan ke arah rumah
Take 4 : udin kaget melihat teman-temannya spontan menghentikan
Langkahnya.
Take 5 : (LS) Teman-teman Udin berada di teras rumah
Take 6 : (IF) Teman-teman : “ Tuh Udin datang”.
Take 7 : (MCU) Udin : “Teman-teman? Arapa’a bakna de’enja? Dari dimma
bakna tao bengkona sengkok???”
Scene 2 : (MCU) Ibu Udin memanggil-manggil Udin : “Din...Din... yak dha’enja
cong!!!”.
Take 1 : (IF) Udin melangkah mendekati emaknya yang berbaring dan
didekatnya ada Sherly
Take 2 : (CU) Udin : “Nggih mak, kaula pon dateng, nekak obatnya, dha’ar
nggih mak”.
Take 3 : (CU) Emmak : “Bakna bannyak kancana wa cong”.
Take 4 : (CU) Udin : “ Nggih mak”.
Take 5 : (MCU) Emmak : “ Areya sapa cong, mak cek raddinna”.
Take 6 : (CU) Sherly tersenyum
Take 7 : (CU) Udin melirik sherly
Take 8 : (CU) Essaklah temoe gellu cakancana sak
Take 9 : (CU) Udin mengangguk
Scene 3 : (LS-OF) Udin dan Sherly gabung dengan teman-temannya
Take 1 : (MCU) Sherly : “kami sudah tau semuanya!
Take 2 : (CU) Udin menunduk, narasi Sherly : “Sekarang giliran kamu,
menjelaskan kepada kami mengapa selama ini kamu merahasiakan
siapa kamu sebenarnya!,”
Take 3 : (CU) Sherly : “Kenapa si Din???”.
Scene 4 : (CU) Udin menghela nafas panjang, sambil memandangi teman-
temannya
Take 1 : (CU) Udin : “Aku akan ceritakan semuanya! Memang benar, aku
adalah seorang pemulung! Aku lakukan semua itu karena ibuku
sedang sakit, dan aku tidak punya biaya untuk ibu berobat! dan untuk
biaya sekolahku”
Take 2 : (LS) Teman-temannya menatap Udin
Take 3 : (CU) Udin dengan meneteskan air mata: “Maafkan aku yang selama
ini telah membohongi kalian semua!”
Scene 5 : (LS) Teman-teman udin terharu
Take 1 : (CU) Ana : “kami mengerti dengan keadaan kamu!”
Take 2 : (CU) Sherly : “mulai sekarang kamu harus terbuka kepada kami
semua! Mau kan?”
Take 3 : (CU) Wahyu : “terbuka kepada kami??!! Apa kepada sherly ya???!”
Take 4 : (LS) Semuanya tertawa
Sequence 12 : Sekolah
int. Pagi
Scene 1 : (LS) Sherly berjalan kedepan kelas
Take 1 : (KS) Sherly : “Teman-teman! Aku minta perhatiannya! Selama ini
ternyata teman kita ada yang kesusahan, dan kita tidak
mengetahuinya! Teman kita itu adalah udin.
Take 2 : (PAN) suasana kelas, narasi sherly : “Ibunya sedang sakit keras dan
udin tidak mempunyai biaya untuk berobat ibunya!”
Take 3 : (MCU) Sherly : “Mari kita bantu udin dengan mengumpulkan uang
untuk berobat ibu udin seikhlasnya!”
scene 2 : (LS) Teman-temannya sepakat, mereka mengangguk
scene 3 : (kamera mengikuti Wahyu) berjalan meminta sumbangan dari
teman-temannya
scene 4 : (MCU) Uang hasil sumbangan ditaruk diatas meja guru
Take 1 : (MCU) Sherly menata uang yang di dapat
Scene 5 : (IF) Udin baru datang dan masuk kelas namun langkahnya terhenti
Take 1 : (PAN) Mata anak-anak melihat kedatangan Udin
Take 2 : (CU) Sherly : “Din, sini din”.
Take 3 : (LS) Udin mendekati Sherly
Take 4 : (Two S) Sherly memberikan uang itu kepada udin
Take 5 : (CU) Udin : “Apa reya?”.
Take 6 : (CU) Sherly : “ini dana yang terkumpul, untuk biaya pengobatan ibu
kamu! Semoga ibu kamu lekas sembuh! Cuma ini yang bisa kami
bantu, aku harap kamu mau menerimanya!”
Take 7 : (BCU) Sherly menyodorkan uang itu kepada udin
Take 8 : (PAN) udin menatap wajah teman-temannya
Take 9 : (MCU) Udin menerima uang itu
Take 10 : (LS-HA) Semuanya tersenyum
Take 11 : (CU) Udin tersenyum bahagia bercampur haru
0 komentar:
Posting Komentar